Minggu, 04 Mei 2014

Pengaruh Warna Terhadap Ruangan

Pengaruh-warna-cahaya-terhadap-laju-fotosintesis

Pengaruh Warna Terhadap Ruangan

Pengaruh warna cat tembok sangat kuat bagi para penghuni maupun orang yang sekedar bertamu.Dampak dari warna cat ini bisa positif dan negative. Pengaruh warna terhadap ruangan kadang membuat kita terasa nyaman, bersemangat, sejuk, menggairahkan, persahabatan bahkan memancing perdebatan dan terlihat  norak, maka anda harus bijak dalam memilih warna cat. Sifat-sifat warna pada umumnya memiliki karakter yang berbeda-beda, namun ini bukanlah referensi yang harus anda hindari maupun anda lakukan, saya tekankan sekali lagi bahwa semua warna itu baik, ini hanya masalah selera dan berdasarkan pemikiran para desainer dan ahli warna, mereka membagi warna diantaranya :

Warna  Merah
Merah secara umum bersifat berani namun di balik itu mengandung rasa hangat dan nyaman serta mewah. Kalau penerapan di ruang kantor atau kerja dengan kombinasi warna yang maching maka warna merah akan memberi rangsangan semangat untuk menyelesaikan aktifitas pekerjaan anda. Bila penempatan warna tersebut pada ruang makan saya yakin dengan menu yang mendukung anda akan tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menghabiskan hidangan di meja makan.

Warna biru
Warna biru biasa di gunakan dalam symbol-simbol religi, tempat-tempat yoga dan tempat untuk menengankan diri, warna biru akan memberikan relaksasi kedamaian dan sejuk serta menurunkan tekanan darah, ini sangat cocok bagi orang yang sangat sibuk dalam pekerjaannya penuh kebisingan maka perlu menempatkan warna biru pada ruang kerja maupun tempat tidur, sekaligus warna ini akan memancing hormon penenang anda bekerja.

Warna kuning
Bila anda mempunyai jiwa remaja atau ingin membuat desain untuk remaja anda bisa memilih warna kuning, walau begitu kuning bukan warna milik remaja sepenuhnya. Warna ini mempunyai efek keceriaan pada ruangan dan pemiliknya serta akan menambah semangat dan kehangatan persahabatan, contoh ruangan berwarna kuning adalah ruang belajar, kamar tidur remaja dan ruang bermain dan lain-lain. Kesan negatif yang terdapat pada warna kuning biasanya memancing perdebatan hingga rasa ingin marah itu menurut sebagian pendapat orang. Bila anda menginginkan warna kuning sebaiknya campurlah dengan warna lain agar kelihatan lebih sempurna dan menarik perhatian remaja.

Warna hijau
Kesan hijau saya kira banyak yang sudah memahami akan memberikan relaksasi kesegaran dan menenangkan. Seperti halnya wana daun-daunan akan menyehatkan mata. Baik anak-anak sampai orang tua akan cenderung suka warna hijau. Anda bisa menempatkan warna hijau di ruang tamu hingga dapur dengan campuran lukisan maupun foto-foto keluarga.
Warna Putih
Warna putih adalah pilihan formal dan netral serta menenangkan. Warna putih ini banyak terdapat pada gedung-gedung kantor pemerintahan sampai istana Negara dan tempat ibadah.
Pesan saya semua warna itu baik adapun pengaruh warna cat tembok yang berkesan negatif itu tidak benar, tergantung pada pemilik ruangan tersebut. Hanya saja warna-warna itu akan menjadi perantara saja. Yang memberikan kita senang, bahagia, tenang dan nyaman adalah tuhan yang maha esa.
Pengaruh-warna-pada-kamar

Pengaruh Warna Terhadap Ruangan Dan Iklan Banner

Bila anda mempunyai tembok yang cukup tinggi seperti rumah dengan 3 lantai atau 2 lantai ini mempunyai kesempatan untuk menempelkan iklan yang akan mudah di baca. Sebab pengaruh warna terhadap ruangan  maupun tembok bahkan iklan banner sangat kuat sekali bagi calon pelanggan akan tetapi anda harus pintar-pintar memilih warna cat tembok terbaik dan punya kualitas yang berbeda dengan cat interior, sebab cat ini akan sering terkena panas dan hujan. Promosi melalui iklan banner sangat mendukung proses kesuksesan bisnis anda, namun paduan warna atau kebanyakan konten akibatnya kurang menarik. Iklan banner harus mempunyai warna warni yang seefektif mungkin dan perlu anda memahami warna yang sesuai dengan profesi audiens perusahaan, contoh untuk iklan keuangan dan perhotelan anda harus menghindari warna merah, warna ini menunjukkan bahaya atau darurat dan kerugian finansial.
Apalagi kalau anda salah memilih warna pada ruangan costumer ini akan sangat jelek pengaruhnya, contoh anda memilih warna hitam walau kebanyakan mengatakan bahwa nyaman-nyaman saja tetapi sebenarnya dia menyembunyikan perasaan kalau dia merasa tertekan dan sulit berubah dan berkembang.
Warna coklat ini banyak di pilih pada desain interior dan eksterior rumah, warna coklat melambangkan bumi dan alam, orang akan berfikir tentang rumah yang menyediakan perasaan nyaman dan percaya diri bahkan mereka akan senang tinggal lebih lama di dalam ruangan tersebut. Sedangkan warna oranye mempunyai kesan positif untuk meningkatkan harga diri.  bila anda menginginkan pengaruh warna terhadap ruangan iklan maupun kantor maka jangan menggunakan warna yang aneh membuat tidak enak di pandang apalagi menggunakan warna yang mencolok akan membuat mata iritasi.

Kesimpulan Pengaruh Warna Terhadap Ruangan

Pada kesimpulan pengaruh warna terhadap ruangan yaitu ketika anda mencampur warna cat akan menjadi dua kemungkinan, yaitu komposisi harmonis dan komposisi disharmonis. Komposisi warna harmonis adalah campuran dua buah warna atau beberapa macam warna yang menjadi satu kesatuan warna yang sempurna dan selaras. Komposisi warna harmonis menjadi warna monokrotik, analog dan komplementer. Sedangkan komposisi warna disharmonis adalah campuran dua warna atau lebih yang menghasilkan tidak sempurnanya satu kesatuan warna dan komposisi warna disharmonis di susun tidak melalui skema warna yang di dasarkan pada skema lingkaran warna munsell.
Pengarung warna terhadap ruangan membuat orang sters, akibat dari stres ini kadang timbul karena pengaruh ruangan kerja dari peralatan, pencahayaan, warna dan tata letak perabot dalam ruangan. Oleh karena itu di perlukan perencanaan dan riset yang matang untuk memilih warna yang tepat untuk ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar