Jumat, 09 Mei 2014

DESAIN INTERIOR RUANG BACA YANG MENENANGKAN

Ketika kita sedang membaca, suasana yang tenang dan nyaman tentunya menjadi pilihan agar kegiatan membaca menjadi menyenangkan. Karakteristik dari ruang baca yang nyaman adalah ruangan yang tenang serta memiliki tingkat pencahayaan yang cukup dan juga bahan bacaan yang mencukupi. Salah satu cara agar dapat memiliki ruang baca yang nyaman adalah dengan mendesain suatu daerah yang dikhususkan untuk membaca. Daerah tersebut dapat berupa ruangan khusus untuk membaca maupun dapat juga suatu sudut sebagai tempat membaca.

Membuat Desain Interior Ruang Baca

Ada beberapa hal awal yang perlu dipertimbangkan ketika akan membuat desain interior ruang baca. Seperti Anda bisa membuat sketsa desain dengan memasukkan komposisi perabot yang akan dimasukkan dalam desain interior seperti sofa, rak buku, dan sebagainya. Penempatan posisi perabot akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dari ruang baca tersebut. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan ketika mengembangkan desain interior ruang baca.
desain interior, properti, ruang baca, rumah, living room

Warna Ruangan

Ruang baca identik dengan suasana yang tenang, sepi dan kalem, sehingga diperlukan warna ruangan yang dapat mendukung suasana tersebut. Warna biru yang lembut dapat membantu meningkatkan suasana untuk berkonsentrasi ketika membaca. Selain itu, dapat juga memilih warna ruangan hijau muda yang kalem. Sebaiknya tidak menggunakan warna yang terlalu cerah seperti kuning, merah atau oranye karena dapat menyebabkan pikiran menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi dan fokus. Anda juga bisa menghadirkan warna gelap dalam ruangan. Seperti memberikan warna cat gelap pada salah satu dinding ruangan kemudian sisi ruangan lain dicat dengan warna yang lebih netral.

Rak Buku yang Stabil dan Kokoh

Membuat desain interior ruang baca tentunya tidak akan lengkap tanpa hadirnya rak buku. Rak buku memberikan akses untuk bahan bacaan secara lengkap dan teratur. Menempatkan rak buku yang kokoh dan kuat menjadi komponen penting dalam desain interior ruang baca. Anda bisa meletakkan berbagai koleksi majalah, buku, atau bahan bacaan yang lain dan menatanya secara terorganisir agar Anda mudah mencarinya. Pilihlah rak buku yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil sehingga rak buku tersebut tidak akan memenuhi ruang baca Anda namun juga masih bisa menampung semua koleksi buku dan bahan bacaan yang Anda miliki. Pilih juga rak buku yang memiliki tinggi mudah dijangkau oleh Anda sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan untuk mengambil buku yang ada di rak bagian atas.
Jika koleksi buku Anda masih sedikit, Anda bisa memanfaatkan ruang kosong dalam rak buku untuk menempatkan aksesoris seperti foto, jam, atau vas bunga, agar nuansa ruang baca Anda menjadi lebih nyaman. Agar kuat, Anda perlu meletakkan rak buku rekat dengan dinding. Memasang rak buku yang kuat dapat dengan memasang paku dinding pada setiap sudut sehingga rak buku tersebut tidak akan mudah roboh walaupun diberikan beban buku yang banyak.
desain interior, properti, ruang baca, rumah, living room

Tidak ada komentar:

Posting Komentar