Minggu, 04 Mei 2014

Arsitektur Minimalis

Gb. Rumah dengan gaya Arsitektur Minimalis

Arsitektur Minimalis, Pada awal 1990 banyak muncul pengembang bangunan perumahan di Indonesia yang menawarkan alternative rumah tinggal. Mulai dari perumahan tipe besar, sedang dan kecil. Variasi perumahan dengan tipe-tipe tersebut bertujuan agar hunian bisa terjangkau oleh berbagai kalangan. Bagi masyarakat dengan golongan ekonomi menengah memiliki rumah tinggal yang berdiri pada lahan 100 m2 hingga 200 m2 adalah pilihan yang tapat, karena lahan tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Perancangan secara maksimal dapat memenuhi kebutuhan penghuni karena bisa dirancang dua lantai atau lebih. Pada masyarakat modern saat ini, rumah tinggal yang berdiri pada lahan 100 m2 sampai 200 m2 banyak di bangun dengan gaya minimalis. Gaya minimalis semakin meningkat karena tampilannya yang simple.

Arsitektur minimalis lahir pada bad ke-18, tetapi gaya minimalis ini baru berkembang di Indonesia pada saat memasuki tahun 2000 yang keberadaannya tidak lagi mengikuti pakem aslinya tapi telah mengalami penyesuaian dengan kondisi lokal sehingga bertransformasi menjadi gaya minimalis eklektik yang merupakan perpaduan unsur minimalis dengan unsur lain sehingga menghasilkan gaya-gaya baru, seperti minimalis tropis, minimalis etnik, minimalis kontemporer dan sebagainya.


Pembentuk eksterior terdiri dari kesederhanaan sedikit komposisi massa, estetika diberikan oleh perbandingan besar kecil yang harmonis, kombinasi tekstur monoton dalam kesedarhanaan bentuk-bentuk geometris. Interior ditata dengan penempatan perabot interior sehingga tidak memenuhi ruang dengan berlebihan. Ruang  berlanjut antara ruang satu dan lainnya tanpa pembatas ruang yang solid, ruang terkesan luas dan menyatu. Jendela dan pintu dengan ukuran agak besar dalam bentuk sederhana. Dengan bahan bangunan hasil industri seperti, metal, aluminum, beton jadi, homogenus tile, keramik dan mengekspos bahan-bahan natural seperti kayu, batu tanpa finishing yang berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar