Minggu, 04 Mei 2014

Arsitektur Modern

Gb. Contoh bangunan arsitektur Modern

Arsitektur modern lebih mengutamakan fungsi dalam menentukan bentuk, ukuran dan bahan dengan ornamen yang minim dan fungsional. Di masa sekarang pun banyak rumah-rumah baru yang dibangun dengan gaya arsitektur modern dengan penyesuaian terhadap bahan bangunan dengan teknologi terkini, perkembangan budaya dan wawasan serta gaya hidup penghuninya. Massa bangunan yang dcenderung kubus dengan dekorasi ornamen garis vertikal, horizontal, dan diagonal yang sederhana pada dinding eksterior yang luas. Tampak bangunan didominasi dengan jendela yang berukuran lebar dan atau tinggi, lis plang beton memanjang dan kanopi yang menjorok ke depan.

Rumah dengan arsitektur modern memiliki ornamen yang sederhana dengan plafond bertingkat dan void di ruang publik memberi kesan luas. Pengelolaan ruang dibuat saling terhubung dan hanya dibatasi dibatasi oleh dekorasi interior yang tidak masiv sehingga terkesan transparan dan menerus.

Penggunaan bahan stainless steel finishing polished, aluminum anodized,glossy tile, kaca berwarna / tinted glass, marupakan bahan dengan jenis finishing mencirikan rumah modern dimasa-masa awal berkembangnya di Indonesia. Disaat sekarang ini banyak bahan bangunan dengan teknologi modern yang menjadi komponen penting seperti galvanized metal, granitile, grc, perforated metal dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar