Sabtu, 14 Februari 2015

Teori Elemen Kota

Teori Elemen Kota menurut Roger Trancik

Figure Ground Theory

Teori-teori figure ground dipahami dari tata kota sebagai hubungan tekstual antara bentuk yang dibangun (Building Mass) dan ruang tebuka (Open Space). Analisis Figure/Ground adalah alat yang sangat baik untuk mengidentifikasikan sebuah tekstur dan pola-pola sebuah tata ruang perkotaan (Urban Fabric), serta mengidentifikasikan masalah keteraturan massa/ruang perkotaan.

a. pola sebuah tempat

Kemampuan untuk menentukan pola-pola dapat membantu menangani masalah mengenai ketepatan (Constancy) dan perubahan (Change) dalam perancangan kota serta membantu menentukan pedoman-pedoman dasar untuk menentukan sebuah perancangan lingkungan kota yang konkret sesuai tekstur konteksnya Markus Zahnd, Perancangan Kota Secara Terpadu (1999 ; 79).

b. Fungsi pengaturan

Untuk memahami lingkungan binaan, seseorang harus pula memahami bagaimanakah pikiran manusia bekerja karena pikiran manusia menentukan suatu tatanan dunia. Dalam pikiran tradisional, dunia alam adalah kacau dan tidak tertib (contoh:daerah hutan). Artinya, manusia selalu cenderung untuk menggolongkan, mengatur, dan menghasilkan bagan-bagan kognitif (berdasarkan pengalaman, pengetahuan, termasuk kesadaran mengenai hal-hal dan hubungannya). Pemukiman-pemukiman, bangunann-bangunan, dan pertamanan yang luas adalah hasil dari aktivitas semacam itu.

c. Sistem pengaturan

Suatu lingkungan binaan tidak dapat dirasakan tanpa adanya satu bagan kognitif yang mendasarinya. Beberapa pola pengarah (pola lama dan/atau pola baru) harus ada sehingga suatu bentuk dapat dimunculkan. Bentuk-bentuk tersebut selalu menggambarkan suatu kesesuaian antara organisasi ruang fisik dan organisasi ruang sosial. Pemakaian analisis Figure/Ground sangat berguna dalam pembahasan pola-pola tekstural itu.
Pola tekstur sebuah tempat sangat penting didalam perancangan kota, dan secara teknis sering disebut sebagai landasan pengumpulan informasi untuk analisis selanjutnya. Pola-pola tekstur perkotaan dapat sangat berbeda, karena perbedaan tekstur pola-pola tersebut mengungkapkan perbedaan rupa kehidupan dan kegiatan masyarakat perkotaan secara arsitektural. Artinya, dengan menganalisis pola-pola tekstur perkotaan dan menemukan perbedaan data pada pola tersebut, akan didapatkan informasi yang menunjukan ciri khas tatanan kawasan itu dan lingkungannya. Namun dalam kenyataannya, yang sering terjadi
ketika menganalisis suatu kawasan perkotaan adaah kurang jelasnya pola di tempat tersebut. Oleh karena itu, di dalam kota pola-pola kawasan secara tekstural yang mengekspresikan rupa kehidupan dan kegiatan perkotaan secara arsitektural dapat diklasifikaskan dalam tiga kelompok sebagai berikut :
  • Susunan kawasan bersifat homogen yang jelas, di mana ada hanya satu pola penataan
  • Susunan kawasan yang bersifat heterogen, di mana dua (atau lebih) pola berbenturan
  • Susunan kawasan yang bersifat menyebar dengan kecenderungan kacau
Di dalam tingkat kota Figure/Ground dapat dilihat dengan dua skala, yaitu skala makro besar dan skala makro kecil.

d. Skala makro besar

Dalam skala makro besar, Figure/Ground memperhatikan kota keseluruhannya. Artinya, sebuah kawasan kota yang kecil dalam skala ini menjadi tidak terlalu penting, karena gambar Figure/Ground secara makro besar berfokus pada ciri khas tekstur dan masalah tekstur sebuah kota secara keseluruhannya
image
Sumber : Perncangan Kota Secara Terpadu, Markus Zahnd
Gambar Figure/Ground di dalam skala makro besar ( Figure/Ground kota secara keseluruhan )

e. Skala makro kecil

Dalam skala makro kecil, biasanya yang diperhatikan adalah sebuah figure/ground kota dengan fokus pada satu kawasan saja. Artinya, pada skala ini kota secara keseluruhan tidak terlalu penting, karena gambar figure/ground secara makro kecil berfokus pada ciri khas tekstur dan masalah tekstur sebuah kawasan secara mendalam
image
Sumber : Perncangan Kota Secara Terpadu, Markus Zahnd
Gambar Figure/Ground di dalam skala makro kecil ( Figure/Ground kawasan secara mendalam)

f. Dua pandangan pokok terhadap pola Kota

Disebuah wilayah yang besar seperti kota, muncul aktivitas-aktivitas sangat luas dan berbeda. Semua aktivitas itu secara umum menggambarkan pilihan yang dibuat berdasarkan seluruh kemungkinan alternatif yang ada. Pilihan yang dibuat cenderung menjadi sah menurut budaya orang-orang yang bersangkutan. Dengan demikian, kawasan perkotaan tidak hanya mengesankan suatu tatanan sebagai bagian dari daerah yang lebih luas, tetapi pemukiman itu sendiri terorganisasikan menurut prioritas-prioritas tertentu. Kedua pandangan pokok tersebut dapat digambarkan sebagai berikut Markus Zahnd, Perancangan Kota Secara Terpadu (1999 ; 83) :
  • Figure yang figuratif Pandangan pertama ini memperhatikan konfigurasi figure atau dengan kata lain, konfigurasi massa atau blok yang dilihat secara figuratif, artinya perhatian deberikan pada figure massanya.
  • Ground yang figuratif Pandangan kedua ini mengutamakan konfigurasi ground (konfigurasi ruang atau void). Artinya ruang atau void dilihat sebagai suatu bentuk tersendiri. Konfigurasi ruang itu dianggap sebagai akibat kepadatan massa bangunan yang meninggalkan beberapa daerah publik sebagai ground. Ruang publik ini biasanya secara organis sering berkualitas sebagai bentuk yang mampu meninggalkan identitas kawasannya.

g. Solid dan Void sebagai elemen perkotaan

Seperti telah dikatakan, sistem hubungan di dalam tekstur Figure/Ground mengenal dua keompok elemen yaitu, solid dan void. Selanjutnya akan dikemukakan elemen-elemen kedua kelompok tersebut. Ada tiga elemen dasar yang bersifat solid serta empat elemen dasar yang bersifat void Markus Zahnd, Perancangan Kota Secara Terpadu (1999 ; 98).
image Sumber : Perncangan Kota Secara Terpadu, Markus Zahnd
Gambar tiga elemen dasar yang bersifat Solid
image
Sumber : Perncangan Kota Secara Terpadu, Markus Zahnd
Gambar empat elemen dasar yang bersifat Void
Tiga elemen solid (atau blok) adalah blok tunggal, blok yang mendefenisi sisi, dan blok medan. Ketiga elemen itu merupakan elemen konkret karena dibangun secara fisik (dengan bahan massa). Paling mudah untuk diperhatikan adalah elemen blok tunggal karena bersifat agak individual. Akan tetapi, elemen ini juga dapat dilihat sebagai bagian dari satu unit yang lebih besar, di mana elemen tersebut sering memiliki sifat yang penting (misalnya sebagai penentu sudut, hirarki, atau penyambung). Lain halnya dengan sifat elemen blok yang mendefenisis sisi yang dapat berfungsi sebagai pembatas secara linear. Pembatas tersebut dapat dibentuk oleh elemen ini dari satu, dua , atau tiga sisi. Lain lagi dengan sifat elemen blok medan yang memiliki bermacam-macam massa dan bentuk, namun masing- masing tidak dilihat sebagai individu-individu, melainkan hanya dilihat keseluruhan massanya secara bersama.
Dalam tekstur Figure/Ground, kecenderungannya adalah memperhatikan elemen konkret yang massif (bersifat blok) saja. Akan tetapi, empat elemen void (ruang) sama pentingnya, walaupun keempat elemen berikut ini lebih sulit untuk dilihat karena semua bersifat abstrak atau kosong (spasial). Tetapi karena keempat eemen ini mempunyai kecenderungan untuk berfungsi sebagai sistem yang memiliki hubungan erat dengan massa, maka elemen-elemen void ini perlu diperhatikan dengan baik pula, yakni sistem tertutup yang linear, sistem tertutup yang memusat, sistem terbuka yang sentral dan sstem terbuka yang linear.
Elemen sistem tertutup linear memperhatikan ruang yang ersifat linear, tetapi kesannya tertutup. Elemen ini paling sering dijumpai di kota. Elemen sistem tertutup yang memusat sudah lebih sedikit jumlahnya karena memiliki pola ruang yang berkesan terfokus dan tertutup. Ruang tersebut dapat diamati pada skala besar (misalnya di pusat kota) maupun di berbagai kawasan (didalam kampung dan lain-lain). Elemen sistem terbuka sentral ada di kota, di mana kesan ruang bersifat terbuka namun masih tampak terfokus (misalnya kawasan sungai dan lain-lain) dalam literatur arsitektur, elemen terbuka kadang-kadang juga diberikan istilah Soft-Space, sedangkan ruang tertutup dinamakan Hard-Space.

Tidaklah cukup jika hanya memperhatikan tujuh elemen solid dan void saja karenaelemen-elemen di dalam tekstur perkotaan jarang berdiri sendiri, melainkan dikumpulkandalam satu kelompok. Oleh karena itu sering dipakai istilah ‘unit perkotaan’. Di dalam kota keberadaan unit adalah penting, karena unit-unit berfungsi sebagai kelompok bangunan bersama ruang terbuka yang menegaskan kesatuan massa di kota secara tekstural. Melalui kebersamaan tersebut, penataan kawasan akan tercapai lebih baik kalau massa dan ruang dihubungkan dan disatukan sebagai suatu kelompok yang mampu menghasilkan beberapa pola dan dimensi unit perkotaan sebagai berikut :
  • Grid
  • Angular
  • Kurvilinear
  • Radial konsentris
  • Aksial
  • organis
image
Sumber : Perancangan Kota Secara Terpadu, Markus Zahnd
Gambar pola massa bangunan (solid) dan ruang terbuka (void)

Linkage Theory

Pada teori ini perhatian lebih banyak diberikan pada pola kawasan perkotaan serta bagaimanakah keteraturan massa dan ruangnya secara tekstural (tata ruang perkotaan). Namun demikian, perlu dilihat keterbatasan kelompok teori Figure/Ground karena, di samping memiliki kelebihan, pendekatannya sering mengarah ke gagasan-gagasan ruang perkotaan yang bersifat dua dimensi saja dan perhatiannya terhadap ruang perkotaan terlalu statis. Artinya, dinamika hubungan secara arsitektural antara berbagai kawasan kota belum diperhatikan dengan baik.
Oleh sebab itulah, perlu diperhatikan suatu kelompok teori perkotaan lain yang membahas hubungan sebuah tempat dengan yang lain dari berbagai aspek sebagai suatu generator perkotaan Markus Zahnd, Perancangan Kota Secara Terpadu (1999 ; 107). Kelompok teori itu disebut dengan istilah linkage (perubungan), yang memperhatikan dan menegaskan hubungan-hubungan dan gerakan-gerakan (dinamika) sebuah tata ruang perkotaan (Urban Fabric). Sebuah linkage perkotaan dapat diamati dengan cara dan pendekatan yang berbeda. Di dalam bab ini linkage perkotaan akan dikemukakan dalam tiga pendekatan, yaitu:
  • Linkage yang visual
  • Linkage yang struktural
  • Linkage yang kolektif
Kota adalah sesuatu yang kompleks dan rumit, maka perkembangan kota sering mempunyai kecenderungan membuat orang merasa tersesat dalam gerakan di daerah kota yang belum mereka kenal. Hal itu sering terjadi di daerah yang tidak mempunyai linkage. Setiap kota memiliki bayak fragmen kota, yaitu kawasan-kawasan kota yang berfungsi sebagai beberapa bagian tersendiri dalam kota.
Walaupun identitas serta bentuk massa dan ruang fragmen-fragmen itu bisa tampak sangat jelas, orang masih sering bingung saat bergerak di dalam satu daerah yang belum cukup meraka kenal. Kota-kota seperti New York atau Mexico City dan juga kota-kota di Asia telah menggambarkan masalah tersebut. Hal ini menunjukan bahwa jumlah kuantitas dan kualitas masing-masing bagian (fragmen) di kota tersebut belum memenuhi kemampuan untuk menjelaskan sebagai bagian dalam keseluruhan kota. Oleh karena itu, diperlukan elemen-elemen penghubung, yaitu elemen-elemen linkage dari satu kawasan ke kawasan lain yang membantu orang untuk mengerti fragmen-fragmen kota sebagai bagian dari suatu keseluruhan yang lebih besar.

Linkage yang visual

Dalam Linkage yang visual dua / lebih fragmen kota dihubungkan menjadi satu kesatuan yang secara visual, mampu menyatukan daerah kota dalam berbagai skala Markus Zahnd, Perancangan Kota Secara Terpadu (1999 ; 108). Pada dasarnya ada 2 pokok perbedaan antrara Linkage Visual, yaitu:
  • Yang menghubungkan dua daerah secara netral
  • Yang menghubungkan dua daerah, dengan mengutamakan satu daerah
Linkage visual memiliki 5 elemen yang mana ke 5 elemen tersebut memiliki ciri khas suasana tertentu yang mampu menghasilkan hubungan secara visual, terdiri dari :
  • Garis : menghubungkan secara langsung dua tempat dengan massa (bangunan atau pohon)
  • Koridor : dibentuk oleh dua deretan massa (bangunan atau pohon) yang membentuk ruang
  • Sisi : menghubungkan dua kawasan dengan satu massa. Mirip dengan elemen garis namun sisi bersifat tidak langsung
  • Sumbu : mirip dengan elemen koridor, namun dalam menghubungkan dua daerah lebih mengutamakan salah satu daerah saja.
  • Irama : menghubungkan dua tempat dengan variasi massa dan ruang
Capture Sumber :http://arsadvent.wordpress.com/teori‐roger‐tranci
Gambar Ilustrasi Lima Elemen Linkage Visual

Linkage yang struktural

Menggabungkan dua atau lebih bentuk struktur kota menjadi satu kesatuan tatanan. Menyatukan kawasan-kawasan kota melalui bentuk jaringan struktural yang lebih dikenal dengan sistem kolase (collage). Tidak setiap kawasan memiliki arti struktural yang sama dalam kota, sehingga cara menghubungkannya secara hirarkis juga dapat berbeda Markus Zahnd, Perancangan Kota Secara Terpadu (1999 ; 116).
Fungsi Linkage struktural di dalam kota adalah sebagai stabilisator dan koordinator di dalam lingkungannya, karena setiap kolase perlu diberikan stabilitas tertentu serta distabilkan lingkungannya dengan suatu struktur, bentuk, wujud, atau fungsi yang memberikan susunan tertentu didalam prioritas penataan kawasan.
Ada tiga elemen Linkage struktural yang mencapai hubungan secara arsitektural, yaitu :
  • Tambahan : melanjutkan pola pembangunan yang sudah ada sebelumnya
  • Sambungan : memperkenalkan pola baru pada lingkungan kawasan
  • Tembusan : terdapat dua atau lebih pola yang sudah ada di sekitarnya dan akan disatukan sebagai pola-pola yang sekaligus menembus didalam suatu kawasan.
image
Sumber : http://arsadvent.wordpress.com/teori‐roger‐trancik
Gambar Tiga Elemen Linkage yang Struktural dalam Pencapaian Secara Arsitektural

Linkage bentuk yang kolektif

Teori Linkage memperhatikan susunan dari hubungan bagian-bagian kota satu dengan lainnya. Dalam teori Linkage, sirkulasi merupakan penekanan pada hubungan pergerakan yang merupakan kontribusi yang sangat penting. Linkage memperhatikan dan mempertegaskan hubungan-hubungan dan pergerakan-pergerakan (dinamika) sebuah tata ruang perkotaan (urban fabric). Menurut Fumuhiko Maki, Linkage adalah semacam perekat kota yang sederhana, suatu bentuk upaya untuk mempersatukan seluruh tingkatan kegiatan yang menghasilkan bentuk fisik suatu kota Markus Zahnd, Perancangan Kota Secara Terpadu (1999 ; 126). Teori ini menjadi 3 tipe linkage urban space yaitu :
  • Compositional form : bentuk ini tercipta dari bangunan yang berdiri sendiri secara 2 dimensi. Dalam tipe ini hubungan ruang jelas walaupun tidak secara langsung.
  • Mega form : susunan-susunan yang dihubungkan ke sebuah kerangka berbentuk garis lurus dan hirarkis.
  • Group form : bentuk ini berupa akumulasi tambahan struktur pada sepanjang ruang terbuka. Kota-kota tua dan bersejarah serta daerah pedesaan menerapkan pola ini.
image Sumber : http://arsadvent.wordpress.com/teori‐roger‐trancik
Gambar Tiga Tipe Linkage Urban Space menurut Fumuhiko Maki

place Theory

Dalam teori ini, dipahami dari segi seberapa besar tempat-tempat perkotaan yang terbuka terhadap sejarah, budaya, dan sosialisasinya serta lebih kepada arti dan makna sebuah tempat. Analisa place adalah alat yang baik untuk :
  • Memberi pengertian mengenai ruang kota melalui tanda kehidupan perkotaannya.
  • Memberi pengertian mengenai ruang kota secara kontekstual
Kelemahan analisa place muncul dari segi perhatiannya yang hanya difokuskan pada suatu tempat perkotaan saja. Trancik menjelaskan bahwa sebuah ruang (space) akan ada jika dibatasi dengan sebuah void dan sebuah space menjadi sebuah tempat (place) kalau mempunyai arti dari lingkungan yang berasal dari budaya daerahnya. Schulz (1979) menambahkan bahwa sebuah place adalah sebuah space yang memiliki suatu ciri khas tersendiri. Menurut Zahnd (1999) sebuah place dibentuk sebagai sebuah space jika memiliki ciri khas dan suasana tertentu yang berarti bagi lingkungannya. Selanjutnya Zahnd menambahkan suasana itu tampak dari benda konkret (bahan, rupa, tekstur, warna) maupun benda yang abstrak, yaitu asosiasi kultural dan regional yang dilakukan oleh manusia di tempatnya.
Madanipuour (1996) memberikan penjelasan bahwa dalam memahami tempat (place)
dan ruang (space) menyebut 2 aspek yang berkaitan :
  • Kumpulan dari bangunan dan artefak ( A Collection of Building and Artifacts).
  • Tempat untuk berhubungan sosial ( A Site Social Relationship)
Selanjutnya menurut Spreiregen (1965), urban space merupakan pusat kegiatan formal suatu kota, dibentuk oleh facade bangunan (sebagai enclosure) dan lantai kota. Jadi sudah sangat jelas bahwa sebuah jalan yang bermula sebagai space dapat menjadi place bila dilingkupi dengan adanya bangunan yang ada di sepanjang jalan, dan atau keberadaan landscape yang melingkupi jalan tersebut, sebuah place akan menjadi kuat keberadaannya jika didalamnya memiliki ciri khas dan suasana tertentu yang berarti bagi lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar