Minggu, 03 Mei 2015

ARSITEKTUR ORGANIK DARI FRANK LLOYD WRIGHT

1
Wright lebih dikenal sebagai arsitek organic, suatu arsitektur yang dihasilkanmurni dari konteks alami. Dan yang paling penting adalah hubungan antaratapak dan bangunan dipengaruhi oleh pakat furniture dan arsitek amerikaGustav Stickley serta kebutuhan pelanggan. Prinsip-prinsip dari gayaarsitektur organik :
  1. Kesederhanaan dan ketenanganPrinsip ini berada dibelakang seni. Keterbukaan harus dimasukankedalam struktur menjadi bentuk yang terpadu sehingga menjadi jenisdekorasi yang alami dan tenang. Detail dan dekorasi dikurangi dan bahkan fixtures,gambar dan mebel dalam struktur harus diintegrasikan.
  2. Ada banyak gaya rumahPrinsip ini memungkinkan ekspresi dari kepribadian masing-masingklien,walaupun rancangan wright selalu memberikan kontribusi yangsignifikan.
  3. Korelasi alam,topografi dengan arsitektur Sebuah bangunan yang didirikan harus selaras dengan lingkungan disekitarnya.
  4. Warna alamBahan-bahan yang digunakan dalam pembangunan harus selaras denganwarna alam.
  5. Sifat bahanKayu harus seperti kayu dan batu bata harus seperti batu bata,warna dantekstur mereka tidak boleh berubah
  6. Integritas rohani dalam arsitektur Wright percaya bawah kualitas bangunan harus sejalan dengan kualitasmanusia. Artinya bangunan harus memberikan sukacita dan suasana yanglayak bagi penghuni. Hal ini menurutnya lebih penting dari banyak gaya.
Dalam proses perancangan Wright memfokuskan perhatian mulai dari halyang besar sampai kepada rincian yang terkecil (termasuk detail furniture luar dan dalam,misalnya (perabot,karpet,jendela,pintu,meja,kursi,lampuhias,elemen perabot dll).Dia adalah seorang arsitek yang berpandangan bawah rancangan, pembuatan dan tujuan serta furniture dan benda-bendayang dipergunakan dalam bangunan adalah satu kesatuan dalam seluruhdesain. Dalam mendesain rumah gaya Prairie ia menggunakan tema yang dikoordinasikan dengan elemen bangunan (biasanya berdasarkan bentuk tanaman) yang diulang dalam jendela,karpet dan perlengkapan lainnya). Iaselalu membuat inovasi baru dalam rancangannya. Seperti penggunaan bahan bangunan baru yang dibuat di pabrik : blok beton,kaca,batu bata dan sengcames untuk pencahayaan di jendela.
Wright juga merupakan salah satu arsitek yang merancang dan memasanglistrik untuk pencahayan benda-benda, termasuk penggunaan lampu lantaiyang menggunakan kap bulat (yang sebelumnya tidak dimungkinkan karena pembaasan pencahayaan fisik gas).Sebagai konsekwensi dari kemajuan karirnya,Wright menggunakan mekanisasi dari industri kaca. Alasannya karena kaca sangat cocok dengan filosofi arsitektur organiknya, dan kaca dapat membuat orang melihat keluar rumah dan elemennya tetap terlindung. Pada tahun 1928, Wright menuliskarangan yang berisi tentang perbandingan atau persamaan kaca dengan alam: termasuk danau,sungai dan kolam. Salah satu karya awal Wright yang menggunakan kaca adalah String Panes Dengan memanfaatkan kaca,maka Wright berusaha untuk mencapai keseimbangan antara keringanan dari kaca dan kesolidan dinding yang kelar kesolidan dinding yang keras.
Wright juga merupakan seorang yang menggunakan arsitektur gunamengatasi masalah di jamannya. Contohnya pada akhir abad ke-20 ketika pembantunya banyak yang malas atau absen dari pekerjaannya, maka Wright membangun rumah dengan rencana yang lebih terbuka sehingga ia dengan mudah dapat mengawasi pembantu yang bekerja.
Salah satu rancangan wright yang unik untuk rumah adalah tempat yang disediakan buat tamu. Karena menurutnya, selain sebagai property, agar tamu bisa menikmati keberadaan mereka, juga sebagai sarana agar para tamu yang datang tetap ingin tinggal disitu walaupun hanya satu atau dua malam.Contohnya rumah Louis Penfield di Ohio,rumah Haynes di Indiana, rumah Bernard Schwarts di Wisconsin,dan lain-lain.
Wright paling umum dikenal sebagai arsitektur organik, tetapi juga dikenal sebagai seorang pemimpin dan pendiri dari gerakan arsitektur gaya Prairiedan sekolahnya, dan juga sebagai orang yang mengembangkan konsep rumahUsonian.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar