Selasa, 20 Januari 2015

KONSEP DESAIN RUMAH SAKIT


Konsep RS khusus paru dikembangkan 1 abad yang lau ketika belum ditemukan obat obat TB yang ampuh sehingga pasien harus diisolasi disanatorium yang berhawa sejuk makanan bergizi sinar matahari agar kondisi tubuh pasien menjadi lebih hingga daya tahan (sistim imun) mampu mengatasi kuman TB.

Disamping itu agar pasien tidak menularkan kepada orang lain yang sehat. Dengan berkembangnya ilmu kedokteran dan ditemukan obat obat TB yang ampuh praktis semua pasien TB harus dapat disembuhkan akibatnya RS Khusus TB paru tidak terlalu diperlukan tetapi dikembangkan menjadi rumah sakit khusus paru.

Namun dalam perkembangan berikutnya ternyata banyak masalah lain pada paru yang memerlukan perhatian yang lebih besar seperti Pneumonia, Asma, Kanker paru, COPD dll akibat industrialisasi, kebiasaan merokok yang makin meluas, perubahan gaya hidup dll kelompok penyakit belakangan menjadi penyebab utama kesakitan dan kematian di Indonesia disamping masih TB.

untuk mengatasi masalah yang timbul akibat penyakit yang menonjol belakangan diperlukan Sarana Kesehatan yang lebih lengkap sebagai sarana rujukan. Tepatnya diperlukan pusat2 rujukan paru di rumah sakit umum yang besar terutama ditingkat provinsi dan rujukan nasional dengan taraf internasional. Saat ini pusat rujukan nasional adalah di RS Persahabatan Jakarta dan RS Dr Sutomo Surabaya.

KONSEP









INTERIOR












Tidak ada komentar:

Posting Komentar